Pengalaman Naik Bus Dari Jakarta ke Surabaya

surabaya112

Habis lebaran kemarin, saya diajak seorang kawan kantor untuk pergi liburan ke Surabaya. Kebetulan beberapa hari setelah Idul Fitri, tempat saya bekerja memang belum memiliki jadwal masuk dan saya sendiri tinggal di ibukota begitu juga teman saya. Nah, daripada menghabiskan waktu di Jakarta yang begitu membosankan dan memang belum pernah berkunjung ke ibukota Jawa Timur tersebut, saya pun langsung mengiyakannya.

Pemesanan Tiket Ke Surabaya

kotapahlawansby

Awalnya saya berniat membayar tiket dengan uang sendiri, namun kawan saya ternyata sudah memesankan dan membayarkannya. Ia menolak ketika uangnya akan saya ganti. Dengan santainya ia menjawab kalau nanti gampanglah bisa diganti sewaktu makan atau yang lain. Yang jadi pertanyaan saya waktu itu ialah; kapan ia memesan dan membeli tiket? Soalnya, sejak mengajak bepergian ke Kota Pahlawan itu, ia lebih sering menghabiskan waktu bersama saya. Waktu saya tanyakan hal itu, ia bilang kalau sudah pesan tiket bus via online. Oh, ternyata kami akan naik bus ke surabaya, pikir saya waktu itu. Berhubung saya pun belum pernah naik bus dalam perjalanan jarak jauh, keputusan itu pun saya terima, toh bagaimana mungkin menolaknya?

Kawan saya rupanya menyadari kalau saya agak bagaimana ketika tahu bahwa kami akan naik bus. Lalu ia bilang tak usah khawatir karena bus yang akan kami tumpangi akan sangat nyaman dan dijamin tidak akan mengusik keamanan. Mulailah kawan saya itu memperkenalkan saya pada agen online perjalanan bus yang ternyata dewasa ini semakin canggih dan profesional. Pada awalnya saya menduga kalau agen tersebut paling cuma memiliki website biasa seperti pada umumnya

aplotbus

Waktu kawan saya menunjukkan situs dan aplikasi pemesanan tiket itulah saya benar-benar mengakui bahwa agen perjalanan antar kota antar provinsi dengan bus kini sudah sangat layak untuk dijadikan transportasi alternatif. Bahkan menurut saya tidak akan jadi masalah jika menjadi pilihan utama karena banyak hal yang justru bermanfaat. Pertama-tama adalah biaya yang lebih terjangkau. Hal ini sudah pasti. Dibandingkan dengan naik pesawat atau kereta, perjalanan dengan bus bisa dibilang lebih meminimalisir biaya tiket.

Proses pemesanan tiket pun ternyata sangat cepat dan efisien. Kawan saya menjelaskan kalau semua mekanismenya bisa dilakukan hanya dengan menggunakan situs atau aplikasi dari Android. Memang, pelayanan semacam ini untuk transportasi bus memang tergolong baru dan bahkan sangat memudahkan mereka yang selama ini mengandalkan jalur darat.

Di hari keberangkatan, kami berdua pun menuju ke terminal sebagai tempat penjemputan. Bus datang tepat waktu, atau katakanlah sudah siap beberapa menit sebelumnya. Langsung saja kami berdua naik dan menuju bangku yang telah dipesan. Dalam hati, saya sempat bertanya-tanya suasana semacam apakah yang nanti akan dialami selama perjalanan dengan bus malam eksekutif dari Jakarta ke Surabaya? Ternyata, setiap fasilitas yang saya jumpai di kotak besar itu sungguh sangat memuaskan. Mulai dari tempat duduk yang sangat nyaman, bisa menyelonjorkan kaki, menonton televisi, browsing dengan wi-fi, dan makanan yang berkualitas. Sampai hari ini pun saya mengakui kalau fasilitas yang disediakan oleh jasa bus tersebut sangat bermutu dan berbeda dari persepsi-persepsi sebelumnya.

sby

Beberapa jam pun saya lalui dengan nyaman. Kadang sesekali memejamkan mata sampai akhirnya terlelap. Keesokan harinya, bus sudah sampai dengan selamat di Surabaya. Kami langsung menginjakkan kaki di Kota Surabaya dan segera menjalankan rencana-rencana yang telah kami persiapkan.